Senin, 07 Maret 2011

Black Saturday Night



Loh, kenapa kok malam minggunya jadi hitam?? Soalnya ya mati lampu hahaha. Gak tau ini sudah malam minggu keberapa yang aku lewati di kota dingin ini. Entah kebetulan atau memang jadwal, rasanya Malang kok sering banget mati lampu pas malam minggu. Bukan cuma ngeganggu aktivitas, gak bisa bayangin juga buat yang lagi malam mingguan sama pasangannya. Lha wong yang berduaan sama pasangannya aja bisa BT kalo tiba-tiba mati lampu pas Saturday night date, apa lagi yang sendirian kayak aku. Pasti makin miris #nangisdarah (resiko pelaku LDR). Kalau biasanya bisa nyantai main game atau nonton DVD, sekarang jadi gak bisa ngapa-ngapain kalau mati lampu. Apalagi ditambah malam ini juga hujan deras. Kayaknya PLN & BMKG sepakat berkolaborasi. Alhamdulillah batterai laptop masih ada, jadi bisa posting deh hehe.

Mati lampu di malam minggu mengingatkanku pada pengalaman terdahulu (rima u u u u). lupa tepatnya umur berapa. Yang jelas masih kecil, usia SD lah mugkin. Mirip kayak kejadian sekarang ini, mati lampu plus hujan deras di malam minggu. Waktu itu cuma berdua sama mama di rumah. Papa ku yang pekerja keras masih belum pulang dari lembur. Mas (my bro) gak tau ngelayap kemana, dari sore tapi belum balik juga. Lampu mati terjadi sekitar selepas magrib. Sejam, dua jam, tiga jam, lampu masih belum nyala juga. Kulihat mama udah berkali-kali angop. Kasihan, pasti capek seharian ngurusin rumah sama anaknya yang nakal ini. Gak siang gak malem, gak terang gak gelap, kalau yang namanya lapar udah menyerang pasti gak bisa di tolelir. Merapat ke meja makan, ternyata makanan sudah ludes. Tinggal nasi yang tersisa di magicjar. Setelah beberapa saat bongkar-bongkar, akhirynya nemu mie instan di dapur. Lansung bikin dua. Salah satu kebiasaan buruk dari kecil, kalu bikin mie instan pasti gak pernah cukup kalau cuma sebungkus. Minimal harus dua, hehehe.

Ambil panci, isi air, mulailah nyalain kompor. Waktu itu di rumahku masih belum pakai kompor gas. Kita masih pakai kompor konvensional alias kompor minyak tanah yang harus disulut dulu sumbunya kalau mau masak. Namanya juga kompor lawas, buat ndidihin air sepanci kecil aja pasti lama. Beda sama kompor gas yang nyala apinya biru, kompor sumbu minyak tanah nyala apinya warna kuning kemerahan. Itu yang bikin lama plus kotor. Sambil nungguin air mendidih, aku nengok mama di ruang tengah. Ternyata mamaku udah tertidur. Udah lumayan malam seh, jam 21.30. Wajarlah ketiduran, pasti beliau capek banget. Ternyata air di panci masih belum mendidih juga, satu selembung pun belum ada yang nongol. Aku duduk-duduk di meja makan sambil main gamebot tetris (jaman dulu HP masih barang langka).

Ferdyyyyyyyyyy……!!!!! Teriakan bak kumandang adzan membuka mataku. “Ngawur ae kowe iki, masak banyu kok malah ditinggal turu. Ojo sembrono kowe le, lak omah’e kobongan iki mau piye hah. Untung mama ketangen gara-gara ambu gosong. Tontok’en iki loh, pancine sampek ireng ndeded.” pekik mamaku layaknya orasi Bung Tomo yang membakar semangat are-arek Suroboyo (bagi yang butuh translate, kirim email ke ferdylaciouz@gmail.com). Pasti pada bingung, “manggil mama tapi ngomong’e kok boso jowoan??” kalau aku udah nemu jawabannya, nanti aku kasih tau kalian -.-! Jalan cerita dapat ditebak, aku ketiduran di meja makan. Jam menunjukan pukul 22.30, berarti aku sudah memanggang panci tak berdosa itu sejam. Setelah puas ngomel-ngomel, akhirnya mama nyuruh aku pergi tidur. Bukannya tidur nyenyak gara-gara makan mie, aku malah kenyang omelan sebelum tidur.

Hikmah Di Balik Panci Gosong

Mungkin malam minggu tersebut merupakan malam minggu terkelam dalam hidupku. Gimana gak kelam, aku hampir aja membakar rumahku sendiri. Suatu kenangan yang sungguh tak layak untuk dicantumkan dalam curriculum vitae. Namum ada hikmah di balik semua peristiwa. Esoknya, ternyata aku yang bangun paling pagi. Semuanya masih pada tidur, padahal udah jam 6-an pagi. Rasa lapar yang tak tertuntaskan sejak tadi malam masih menggelayuti otak dan perutku. Dua bungkus mie instan yang tadi malam gak jadi aku masak, masih tergeletak di atas meja makan. Tapi entah kenapa, kali ini aku lebih bijak. Gak main sambar aja kayak tadi malam. Sebelum memasaknya, aku cek dulu bolak-balik bungkusnya. Warna kemasannya yang udah agak pudar meragukanku. (gimana mau kelihatan pudar, tadi malam gelap banget). Benar aja, ternyata mie itu udah kadarluarsa. Ya beginilah kalo nemu barang hasil bongkaran. Mukaku rasanya lansung biru. Apa jadinya kalau tadi malam aku jadi masak terus makan mie ini. Kayaknya gak lucu jadi headline koran lokal gara-gara keracunan mie instan expired. Terima kasih ya panci, kau telah berjasa menyelamatkanku hahaha…

4 komentar:

  1. mentang2 situ item, panci juga diitemin -.-
    hahaha
    daripada masuk radar Malang dengan berita "arek ireng kecelakaan gak nggawe **p**"
    huahahahahah

    BalasHapus
  2. SM*SH virus detected.
    keb*ny*k*n p*ke bint*ng

    BalasHapus
  3. hei yank..kasi'ono shoutmix...biar ramee

    blognya dd difollow juga yaa ^^,

    BalasHapus
  4. sudah kok ndud, makasih y sarannya ^^,

    BalasHapus